Rabu, 11 Oktober 2017

Cara Ampuh Mengatasi Lupa pada Tugas

Assalamualaikum, teman-teman..
Hai balik lagi sama aku, yang mau bagi tips bagaimana cara mengatasi lupa pada tugas. Hm.. Diantara kalian, pasti banyak kan yang suka lupa sama tugas? Apalagi yang kadang males mau belajar, pasti gampang lupa. Dan begitu masuk, tiba-tiba guru nanyain tugas. Udah bukan hal biasa lagi kan? Hehe.. Mungkin diantara kita ada yang alasan bukunya tertinggal dirumah atau terselip, demi menghindar dari omelan guru. Hihi.. Semua pasti pernah ngalamin kan?? Well guys, guru itu ngomel bukan karena dia marah atau ga suka sama kita, tapi karena guru itu pingin membiasakan pola hidup disiplin pada kita. Disiplin ketika berangkat sekolah, disiplin tugas, dan sebagainya. Pola hidup disiplin itu harus dibiasakan sejak dini. Jadi kalo kalian punya adik kecil bisa dilatih dari sekarang biar ga terlanjur kayak kita-kita gini hehe..
Guru menegur atau memberikan sanksi itu karena ingin memberikan efek jera pada kita, agar kita tidak mengulangi kesalahan yang telah kita lakukan, agar kita merubah sikap dan perilaku untuk terbiasa hidup disiplin.
Tapi bagaimana cara untuk disiplin dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, kalau tugas-tugasnya saja terlalu banyak hingga lupa? Aku ada tips nih buat ngatasinnya. Seperti yang sudah aku publish sebelumnya aku udah pernah posting Cara Ampuh Mengatasi Malas Belajar, jadi kalian bisa coba cek bagi yang belum baca dan terapkan. InshaAllah dari situ dengan perlahan kalian bisa disiplin mengumpulkan tugas.
Tapi point yang bakal aku share kali ini akan lebih memfokuskan pada cara mengatasi lupa pada tugas. Oke kalo gitu ga usah kepanjangan lagi, mati kita bahas😊

1. Tulis Tugas Kalian di Sticky Note
Menempel sticky note pada buku akan mengurangi lupa pada tugas

Yapp.. Mungkin kalian udah ga asing lagi sama benda satu ini, sticky note. Benda ini akan sangat berguna buat kalian, salah satunya untuk mengingatkan tugas.
Jika kalian mudah lupa, bawa sticky note ini ditas kalian, jadi setiap ada tugas langsung deh kalian tulis dan tempelkan dibuku kalian. Seperti pada gambar diatas. Jadi seperti pembatas buku ya, ketika kalian melihat buku dan ada sesuatu yang terselip kalian akan mengecek dan tidak akan lupa dengan tugas.

2. Buat to do list
To do list bisa membantu kalian menghindari lupa
Point yang kedua adalah kalian harus membuat to do list atau daftar yang harus kalian kerjakan. Biasanya berisi jadwal pelajaran, dan hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan.
Caranya gampang, kalian bisa membeli papan coark board seperti yang digambar lalu kalian hias sekreatif mungkin agar menarik. Dan ya.. Jika tidak ada papan coark board bisa kalian ganti dengan styrofoam lalu kalian hias dan beri tulisan to do list. Setelah itu kalian tempelkan daftar-daftar yang tidak seharusnya kalian lupakan. Bisa dengan sticky note, atau kertas biasa lalu kalian tusuk dengan push pin. 

3. Pasang Alarm di Handphone
Menambahkan tugas di memo handpone juga dapat membantu menghindari lupa
Kalian pasti ga lepas dari handphone kan,, nah ini juga bisa dimanfaatkan gengs. Kalian bisa menambahkan list tugas kalian di handphone seperti gambar diatas. Tapi ingat jangan sesuai dengan tanggal mengumpulkannya karena kalian butuh waktu untuk menyelesaikan tugas itu. Jadi buat memo dengan 3hari sebelum tugas dikumpul atau beberapa hari sebelum dikumpulkan sesuai dengan tingkat kesulitan tugas dan lama waktu mengerjakan. Setelah itu kalian juga bisa membuat memo yang sama dengan hari yang berbeda, yaitu salah satunya tanggal mengumpulkannya. Agar kalian juga tidak lupa kapan harus mengerjakan dan kapan harus mengumpulkan.

Oke,, jadi itu tadi 3 Cara Ampuh Mengatasi Lupa pada Tugas, semoga bermanfaat.. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.
Thanks for your attention, wassalamu'alaikum..

0 komentar:

Posting Komentar