Senin, 09 Oktober 2017

Cara Ampuh Mengatasi Malas Belajar

Assalamualaikum, teman-teman..

Hi guys,, ketemu lagi sama aku, yang pasti sudah kalian rindukan, ehehe.. Ya kan ya, ngaku aja, wkwk.. Merindukan tulisan aku maksudnya mungkin yaa..
Jadi gengs, disini aku bakal kasih kalian tips "Cara Ampuh Mengatasi Malas Belajar". Yah yang kita tau, susah banget kan ya ketika kita dituntut untuk paham pada suatu materi atau pelajaran tapi kita males banget buat belajar. Disini aku bakal kasih kalian tips, yang kalo menurut aku ini bakal lebih berguna bagi anak kost atau anak perantauan. Tapi jangan salah dulu gengs, inshaAllah ini juga akan berguna buat kalian yang anak rumahan.
Oke langsung aja ga usah panjang lebar (meskipun ini udah panjang) mari kita bahas.
Check it out!

1. Buat dan Tempel Vision Board di Kamar Kalian
Contoh Vision Board

Vision board atau jika diterjemahkan berarti papan impian; papan harapan; atau papan visi. Adalah papan yang berisi tujuan atau harapan kalian dalam hidup gengs. Kalian pasti punya tujuan dan harapan kan? Dan pasti kalian ingin mencapai tujuan tersebut bukan? Maka dari itu kalian bisa membuat vision board ini.
Kalian bisa mencantumkan apa yang kalian harapkan, misal Masuk PTN favorite, Lulus Cepet (Cumlaude), Lulus dengan IPK yang tinggi, dan Bekerja.  Tentunya hal itu tidak akan bisa dicapai jika kita hanya berpangkutangan bukan? Maka dari itu, fungsi vision board ini adalah untuk mengingatkan kita dengan apa impian kita. Impian yang harus kita perjuangkan dan kita wujudkan. Kalau kalian pasang vision board ini dikamar kalian, kalian pasti akan terbayang dan ga akan lupa sama impian kalian, jadi kalian akan bertekad untuk memperjuangkan impian kalian. Dengan begitu rasa malas kalian akan sedikit berkurang.

2. Pasang Foto Orangtua Kalian
Foto orangtua dan orang tersayang
Hal ini akan sangat berpengaruh bagi anak kos atau anak perantauan. Dengan memasang foto orangtua atau orang tersayang di dinding kamar kalian, kalian akan selalu teringat pada mereka. Terutama perjuangan dan pengorbanan orangtua. Bagaimana usaha dan kerja keras mereka agar kalian bisa berada pada titik saat ini.
Mereka rela berpanas-panasan, dan kehujanan demi mencari rupiah untuk membiayai sekolah kalian.
Karena hal itu kalian harus semangat dalam menggapai asa, kalian harus dapat mewujudkan cita cita dan impian kalian. Agar kalian dapat membahagiakan mereka dan tidak mengecewakan mereka. Agar kerja keras orangtua selama ini dapat menuai hasil. Masa depan kalian ada ditangan kalian, berhasil atau tidak kalian yang menentukan. Jangan sia-sia kan perjuangan orangtua demi sesuatu yang semu.

3. Cari Partner yang Bisa Mendukung Kalian
Partner untuk berkompetisi dan saling mendukung


Salah satu cara mengatasi malas adalah dengan mencari partner yang mendukung kalian, gengs. Why? Karena dengan adanya partner atau teman belajar kalian bakal punya semangat belajar. Terlebih kalau teman belajar kalian itu berkompetisi dengan kalian. Misalnya teman belajar kalian itu sama-sama anak olimpiade, dan kalian juga anak olimpiade, kalian pasti akan mempunyai gereget untuk belajar dan sebisa mungkin untuk bisa bersaing dengan teman belajar kalian, eittss.. Tapi bersaing dalam kompetisi yaa gengs.. Kalo lagi di luar kompetisi teman tetap lah teman.

4. Selektif dalam Memilih Teman
Selektif dalam memilih teman termasuk salah satu cara mengatasi malas. Karena apa? Karena perilaku kita juga tergantung pada lingkungan. Maka dari itu carilah teman dan pergaulan yang baik. Kalau kalian ingin menghilangkan rasa malas, kalian bisa memilih teman-teman yang rajin. Secara tidak langsung perilaku dan sikap kalian perlahan akan berubah mengikuti perilaku teman kalian. Selain itu kalian juga akan terhindar dari pergaulan bebas dan lingkungan yang tidak sehat.

Dan ya itu tadi sedikit tips untuk mengatasi rasa malas, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum..


0 komentar:

Posting Komentar